المحافظة على قديم الصالح 
    والأخذ بالجديد الأصلح
KAUR TATA USAHA MAS DARUSY SYAFIIYAH HADIRI WORSHOP DALAM MENYUSUN KEBIJAKAN P4GN DALAM UPAYA PENCEGAHAN NARKOBA TAHUN 2015_MTsS DARUSY SYAFIIYAH LAKSANAKAN UJIAN TRY OUT GUNA UJI KEMAMPUAN SANTRI DALAM MENYERAP PELAJARAN_MINGGU SEHAT SENAM BERSAMA SELURUH SANTRI PONPES DARUSY SYAFIIYAH_MAS DAN MTS DARUSY SYAFIIYAH LAKSANAKAN UAMBN DAN UAM TAHUN 2015_ANGGOTA PENGGALANG PRAMUKA DARUSY SYAFIIYAH UTUS PESERTA GP2G KE3 DI IAIN STS JAMBI_H.M.DANIAL,A.MA PIMPIN LANGSUNG SHOLAT SUNNAT GERHANA BULAN BERJAMAAH

Pendiri PP.Darusy Syafiiyah


SEJARAH BERDIRINYA
PONDOK PESANTREN DARUSY SYAFIIYAH


1. LATAR BELAKANG
Mendirikan Pondok Pesantren ( PP / Pontren ) diawali dengan niat suci serta tulus ikhlas kepada Allah SWT guna untuk menegakkan syiar islam. Niat ini di latar belakangi oleh Sosial masyarakat setempat dimana saat itu banyak sekali anak – anak yang ingin bersekolah dan putus sekolah, serta tidak mampu untuk melanjutkan sekolahnya ketingkat yang lebih tinggi. Melihat tingginya minat minat anak – anak yang ingin bersekolah saat itu, mendorong seorang anak bangsa ( KH. ABD. MUID SHOFI ) untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan untuk menunjang dan membantu anak – anak Desa Rantau Puri khususnya dan daerah jambi sekitar umumnya, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat pada saat itu di kabupaten batang hari belum ada lembaga / yayasan yang bergerak dalam bidang PONDOK PESANTREN. maka dengan dibantu oleh keluarga dan masyarakat sekitar berdirilah suatu lembaga / yayasan yang pada saat itu diberi nama “ DARUL ARQAM “ akan tetapi setelah berjalan beberapa bulan berjalan maka banyak timbul prasangka – prasangka kurang baik dengan nama DARUL ARQAM, maka untuk mengantisipasi agar tidak salah sangka dengan keberadaan Pondok Pesantren ini maka di ubahlah nama tersebut dengan nama “ DARUSY SYAFIIYAH “

2. PIMPINAN PONDOK PESANTREN

    a) PERIODE PERTAMA ( 1988 – 2010 )

Hj.Zakiah
Istri KH.Abd.Muid Shofi
KH.Abd.Muid Shofi
KH.ABD MUID SHOFI selain Pendiri Pondok Pesantren beliausekaligus
menjadi Pimpinan Pondok Pesantren Darusy Syafiiyah Pada Periode Pertama tahun 1988 hingga tahun 2010, dalam kepemimpinan beliau Pondok pesantren Darusy Syafiiyah banyak mengalami kemajuan dalam bidang Pembangunan dan bidang Akademik ,terbukti sarana dan prasarana Santri semakin tahun semakin membaik, seperti tempat tinggal santri ( asrama ), Lokal dll, yang dulunya hanya gedung gedung non permanen terbuat dari kayu beratap lalangsudah tidak tampak lagi dan berangsur hilang digantikan oleh gedung – gedung permanen , Sampai beliau wafat pada tahun 2010.



H.M.Danial Bin KH.Abd.Muid Shofi
 b) PERIODE KEDUA  ( 2010 – SEKARANG )
Sepeninggalan beliau ( KH.ABD MUID SHOFI ) kepemimpinan Pondok Pesantren Darusy Syafiiyah Dilanjutkan Oleh Putra Bungsu Beliau H.M.DANIAL melalui Musyawarah Mufakat Keluarga Besar Pondiok Pesantren Darusy Syafiiyah, dalam kepemimpinan Putra Beliau ini disanmping meneruskan perjuangan yang telah dirintis oleh ayahnya juga  lebih menitik Berat kan kepada kemajuan Pengajian dan pembelajaran santri, hal ini dibuktikan dengan di tambahkan jadwal jadwal pengajian santri , serta pengajian umum Masyarakat dan wali santri.

3.LETAK  GEOGRAFIS
Pondok Pesantren Darusy Syafiiyah berada di Desa Rantau Puri Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari, sekitar 45 Km dari Kota jambi dan sekita 15 KM dari kota Muara Bulian. Pondok Pesantren Darusy Syafiiyah berdiri pada tanggal 19 mei 1988, di atas tanah Pribadi KH. ABD. Muid Shofi yang telah diwakafkan untuk yayasanh darusy syafiiyah seluas 6,5 hektar.

Awal Mula Didirikan '88
4.PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN

Masa Perkembangan 
Pada awalnya Pondok Pesantren Darusy Syafiiyah dibangun seadanya dengan bahan Kayu bulat, dan dinding papan, atap Alang – alang serta ber lantai tanah, yang terdiri dari 4 unit ruang belajar , 1 unit kantor dan 2 unit rumah guru.Seiring perkembangannya Pondok Pesantren Darusy syafiiyah dengan berlandaskan dengan motto “ Al MUHAFAZHOTU BIL QODIIMISSHOLIH WAL AKDZI BIL JADIDIL ASHLAH “ maka yayasan Pondok Pesantren Darusy syafiiyah mendirikan lembaga pendidikan dibawah naungan yayasan Pondok Pesantren Darusy syafiiyah yakni Madrasah Tsanawiyah ( MTS ), dan kemudian pada tahun 1991 mendirikan Madrasah Aliyah ( MA ), serta dua tahun berikutnya( 1993 ) mendirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI ) dan sekarang di gantikan dengan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA).

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com